TIPS DAN TRIK MENJAWAB SOAL TPS UTBK KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN DAN MENULIS

Tips & Trik Rahasia Menjawab Soal TPS UTBK 2020 - Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis

Tes pemahaman bacaaan menguji kalian dalam hal kemampuan bahasa, daya ingat, kemampuan konsentrasi, ketelitian, dan kemampuan menyelesaikan masalah. Baiklah sebelum kita membahas tips & trik menjawab soal TPS UTBK kemampuan memahami bacaan dan menulis, alangkah baiknya kalian juga harus mengetahui istilah yang sering muncul dalam soal kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Apa saja istilah yang sering muncul di soal kemampuan memahami bacaan dan menulis?

1. Gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok bacaan, merupakan gagasan atau ide yang menjadi pokok pengembangan bacaan. Cara menemukannya adalah dengan membaca secara cermat, memahami maksud pembicaraan atau hal pokok yang dibicarakan dalam bacaan tersebut. Selain itu, cara lainnya adalah dengan menemukan ide pokok tiap paragraf kemudian digabungkan dan dirangkum sehingga didapatkan kesimpulan hal pokok yang dibicarakan dalam bacaan tersebut.
2. Gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok paragraf, meruapakan gagasan atau ide yang menjadi pokok pengembang paragraf sehingga dalam satu paragraf hanya ada satu gagasan utama.
3. Kalimat utama, adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf. Kalimat utama sering disebut kalimat topik sehingga perlu dijelaskan dengan kalimat-kalimat selanjutnya dalam paragraf tersebut yang disebut sebagai kalimat penjelas. Pada umumnya, kalimat utama terletak di awal atau akhir paragraf. Paragraf yang memiliki kalimat utama di awal disebut paragraf deduktif. Sementara paragraf yang memiliki kalimat utama di akhir disebut paragraf induktif. Ciri kalimat utama:
  • mengandung permasalahan yang dapat diuraikan lebih lanjut,
  • berupa kalimat lengkap dan dapat berdiri sendiri,
  • mempunyai arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain,
  • pada paragraf induktif, kalimat utama sering kali ditandai dengan kata-kata seperti: "Sebagai kesimpulan ...", "Yang penting ...", "Jadi, ...","Dengan demikian ..."
4. Kalimat penjelas, yaitu kalimat yang isinya memperjelas, menguraikan, atau berupa rincian-rincian tentang kalimat utama. Ciri-ciri kalimat penjelas:
  • merupakan kalimat yang tidak dapat berdiri sendiri
  • arti kalimatnya akan lebih jelas setelah dihubungkan dengan kalimat lain dalam satu paragraf
  • pembentukannya memerlukan bantuan kata sambung atau frasa penghubung atau kalimat transisi,
  • berisi rincian, keterangan, contoh, dan data yang mendukung kalimat utama.

Bagaimana Tips Menjawab Soal UTBK Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis?

1. Bacalah Soal Terlebih Dahulu
Karena waktu tes yang terbatas untuk menghemat waktu tes disarankan agar terlebih dahulu membaca soal sehingga kalian lebih memahami maksud dan tujuan dari soal-soal yang akan kalian cari jawaban di teks bacaan. Ini untuk menghindari pembacaan teks bacaan yang berulang-ulang.
2. Tetap Tenang
Yakinlah sesuatu yang dikerjakan dengan tergesa-gesa akan menghasilkan sesuatu yang kurang baik. Penulis memang menyarankan kalian agar dapat membaca dengan cepat serta menghemat waktu tapi bukan berarti kalian harus tergesa-gesa dalam membaca soal dan teks bacaan. Karena semua itu akan mengakibatkan kalian kurang konsentrasi. Ketika kalian tergesa-gesa merasa gelisah dengan waktu yang kurang sehingga kalian merasa cemas, jantung kalian berdegup kencang serta terkadang keluar keringat yang banyak. Yakinlah pada saat itu juga kalian tidak bisa berkonsentrasi lagi. Kalian akan sulit dalam memahami bacaan, sehingga mengakibatkan pembacaan teks yang berulang-ulang. Apabila itu terjadi maka tips dari penulis adalah alihkan pandangan kalian ke atas kemudian tariklah napas dalam-dalam kemudian hembuskan secara perlahan lakukan selama tiga kali ketika jantung kalian tidak lagi berdegup kencang dan kembali normal saatnya katakan dalam hati kalian pasti bisa menjawab soal tersebut. Pastinya yakinlah pada diri kalian sendiri.
3. Perbanyak Membaca
Melatih diri dengan banyak membaca menjadikan kalian gemar membaca. Kalian akan terlatih dengan bacaan-bacaan panjang dan tidak cepat lelah saat membaca. Jangan khawatir bagi kalian yang tidak terlalu senang membaca, ada tips untuk kalian, yaitu awali dengan membaca bacaan pendek, misalnya berita koran, artikel majalah kesayangan kalian, artikel di internet yang menarik minat kalian untuk membaca. Terus lakukan kebiasaan kecil ini dan bertahap kalian coba membaca cerita pendek di koran atau majalah, novel atau buku yang tentunya juga menarik minat membaca kalian. Lambat laun kalian akan terbiasa dengan suatu bacaan, terutama saat tes pemahaman bacaan.
4. Latihan Membaca Cepat
Waktu yang disediakan dalam tes sangat terbatas. Apabila kalian menerapkan kebiasaan cara baca santai seperti saat dirumah tanpa target waktu akan menjadi sangat merugikan saat tes berlangsung. Teknik membaca cepat dapat membantu kalian dalam menjawab soal dengan lebih mudah dan cepat dengan membaca langsung ke inti-intinya karena pada umumnya, soal-soal yang ditanyakan dalam tes terdapat di inti bacaan.
5. Ambil Intinya
Saat membaca, bagian yang paling penting kalian baca adalah di awal bacaan (paragraf 1) karena disitulah letak gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok bacaan. Lanjutkan dengan membaca awal atau akhir setiap paragraf karena biasanya disitu merupakan letak kalimat utama paragraf. Setelah mendapatkan kalimat utama paragraf, cobalah melanjutkan dengan mengambil inti dari kalimat utama paragraf tersebut karena inti dari kalimat utama merupakan gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok paragraf. Terakhir, bacalah bagian akhir bacaan karena biasanya intisari atau kesimpulan bacaan ada di bagian tersebut.
4. Cermati Fakta dan Data Dalam Bacaan
Kalian bisa menandai fakta yang terjadi dalam sebuah kejadian atau data yang terdapat di bacaan dengan menandainya karena bisa jadi fakta dan data ini dapat membantu kalian dalam menjawab soal selanjutnya. Dengan berpedoman fakta dan data dalam bacaan maka kalian dapat terhindar dari opini yang mungkin kalian bentuk selama membaca.

Bagaimana Trik Menjawab Soal UTBK Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis?

1. Bacalah Dengan Cepat
Membaca dengan teknik cepat dapat membantu kalian dalam memanfaatkan waktu dengan baik, dan menemukan beberapa kata kunci yang diperlukan tanpa harus membaca terlalu detail atau tanpa membaca semua kalimat.
2. Konsentrasi
Membaca dengan konsentrasi dapat membantu kalian dalam hal mengingat kata kunci yang diperlukan, inti bacaan, mengaitkan antar kejadian dan membantu kalian dengan cukup sekali saja membaca bacaan tersebut tanpa harus mengulangnya berkali-kali.
3. Kalimat Utama Terletak di Awal Paragraf atau di Akhir Paragraf
Soal pada tes pemahaman bacaan sering kali menuntut kalian untuk menemukan beberapa hal yang ada kaitannya dengan kalimat utama. Menemukan kalimat utama dalam suatu paragraf menjadi sangat penting dalam hal ini.
4. Pisahkan antara Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas
Dengan memisahkan kalimat utama dan kalimat penjelas, kalian akan lebih mudah menemukan gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok suatu paragraf.
5. Gagasan Utama/Gagasan Pokok/Ide Pokok Paragraf Melekat Pada Kalimat Utama
Seperti halnya kalimat utama, gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok terletak di awal paragraf atau di akhir paragraf.
6. Gagasan Utama/Gagasan Pokok/Ide Pokok Bacaan
Terdapat di bagian awal bacaan dan kaitkan dengan ide pokok dari tiap paragraf.
7. Cari Jawabannya di Dalam Bacaan
Semua jawaban dari soal tes pemahaman bacaan terdapat di bacaan yang telah disediakan. Kalian dapat mencari jawaban di dalam bacaan sesuai dengan petunjuk soal.
8. Hindari Opini
Hindarilah menjawab soal menurut pendapat kalian/opini/persepsi kalian. Jawablah sesuai dengan apa yang sudah tertulis dibacaan. Di antara pilihan jawaban yang disediakan maka pilihlah yang paling sesuai dengan fakta atau data yang telah dijelaskan dibacaan. Namun apabila jawaban yang dimaksud tidak tertulis di bacaan, bisa jadi jawaban yang diinginkan oleh penulis soal merupakan kaitan antarkalimat atau kejadian dalam bacaan tersebut(hasil konsekuensi logis).

Sekian Tips & Trik dalam menghadapi soal TPS UTBK kemampuan memahami bacaan dan menulis semoga dapat membantu kalian saat tes. Tetap tenang dan yakinlah pada diri kalian sendiri berhenti memikirkan hasilnya yang hanya perlu kalian pikirkan saat tes adalah berkonsentrasi menjawab soal-soal tersebut dengan baik dan benar.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "TIPS DAN TRIK MENJAWAB SOAL TPS UTBK KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN DAN MENULIS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel