Manfaat dan Bahaya Spektrum Gelombang Elektromagnetik - Konsep Fisika SMA

Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Manfaat dan Bahaya Serta Cara Mudah Mengingat Urutan Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Baiklah, Kita akan membahas materi tentang Spektrum Gelombang Elektromagnetik. Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai Spektrum Gelombang Elektromagnetik, sebaiknya kalian membaca terlebih dahulu materi Sifat Gelombang Elektromagnetik.
Ada delapan spektrum dalam gelombang elektromagnetik. Tiap-tiap spektrum memiliki frekuensi dan panjang gelombang yang berbeda.
Apa saja spektrum gelombang elektromagnetik?
Bagaimana cara menghasilkannya?
Apa manfaat dan bahaya radiasi gelombang elektromagnetik?
Semuanya akan kita bahas secara lengkap disini.
Setiap saat, kita dikelilingi oleh semua jenis gelombang elektromagnetik. Ketika kita sedang berada di dalam rumah. Sebenarnya ada berbagai macam gelombang elektromagnetik yang mengelilingi kita seperti gelombang yang ditransmisikan oleh stasiun radio dan tv, gelombang yang dihasilkan dari perlatan seperti Wi-fi, komputer, telepon, oven microwave, dan gelombang dari api, radiator, dan juga matahari. Untungnya kita hanya dapat melihat beberapa di antaranya, seperti cahaya tampak, tidak semuanya. Jika kita bisa melihatnya, kita akan menjadi sangat pusing sehingga kita tidak bisa fokus melakukan apa pun.

Cara Mudah Mengingat Urutan Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Silahkan perhatikan tabel urutan Spektrum Gelombang Elektromagnetik berikut!
Butsurigaku - Cara Mudah Mengingat Urutan Spektrum Gelombang Elektromagnetik
Setelah kalian perhatikan ternyata Urutan Spektrum Gelombang Elektromagnetik itu berdasarkan Frekunsinya dan Panjang Gelombangnya. Frekuensi terbesar gelombang elektromagnetik adalah sinar Gamma sedangkan frekuensi terkecil adalah gelombang Radio, sedangkan untuk panjang gelombang adalah kebalikannya.
Silahkan di lafalkan GaXUCI MoToR itulah cara mudah mengingat urutan Spektrum Gelombang Elektromagnetik dari Penulis. Biasanya dalam soal sering di tanyakan urutannya baik dari frekunsi terbesar hingga terkecil atau sebaliknya. Bisa juga ditanyakan urutan dari panjang gelombang terpendek hingga panjang gelombang terpanjang dan sebaliknya.

Baiklah selanjutnya kita membahas lebih rinci masing-masing dari gelombang elektromagnetik. 
Urutan Spektrum Gelombang Elektromagnetik Spektrum Gelombang Elektromagnetik

a. Gelombang Radio

Frekuensi gelombang radio dimulai dari 30 kHz ke atas. Gelombang radio dikelompokkan berdasarkan lebar frekuensinya yaitu Low Frequency (30 kHz - 300 kHz), Medium Frequency (300 kHz - 3 MHz), High Frequency (3 MHz - 30 MHz), Very High Frequency (30 MHz - 300 MHz), Ultra High Frequency (300 MHz - 3 GHz), dan Super High Frequency (> 3 GHz).
Apa saja manfaat gelombang radio? Alat yang memanfaatkan gelombang radio antara lain radiofon, telepon genggam, pesawat radio, dan pesawat televisi.

1) Radiofon

Radiofon adalah telepon yang tidak menggunakan kabel. Alat ini memanfaatkan satelit komunikasi. Telepon jenis ini sering mengalami gangguan jika cuaca tidak baik.

2) Telepon Genggam

Telepon genggam memancarkan frekuensi dari 824,04 MHz sampai dengan 848,97 MHz. Sinyal yang diterima telepon genggam dari 869,04 MHz sampai dengan 893,07 MHz. Sinyal telepon genggam memanfaatkan gelombang radio dan frekuensi ultratinggi atau pada gelombang ultrapendek.

3) Pesawat Radio dan Pesawat Televisi

Gelombang radio sering dipakai untuk komunikasi jarak jauh karena gelombang radio mudah di pantulkan oleh lapisan ionosfer. Dalam sistem komunikasi, gelombang radio berperan sebagai gelombang pembawa yang membawa gelombang bunyi menuju penerima. Ada dua cara membawa gelombang bunyi yaitu Amplitudo Modulation (AM) dan Frequency Modulation (FM).

Masih Ada Kelanjutannya :)
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Manfaat dan Bahaya Spektrum Gelombang Elektromagnetik - Konsep Fisika SMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel