Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik - Konsep Fisika SMA

Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik

Taukah kalian mengenai setrika wajah? Ternyata bukan hanya pakaian yang disetrika ternyata wajah pun bisa disetrika. Apakah agar wajah terlihat rapi seperti pakaian setelah di setrika? :D
Baiklah tentunya setrika wajah merupakan salah satu perawatan kecantikan yang telah dikenal. Setrika wajah atau radio frequency berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah yang kendur. Peralatan kecantikan tersebut menggunakan gelombang radio yang dapat memancarkan panas ke dalam lapisan bawah kulit. Panas yang dihasilkan dapat meningkatkan aliran darah serta menyuplai oksigen dan nutrien ke dalam kulit. Proses pemanasan ini juga memicu pertumbuhan kolagen baru yang akan langsung memberikan dampak pada jaringan kulit. Gelombang radio merupakan salah satu penerapan dari gelombang elektromagnetik.
Masih banyak lagi pemanfaatan spektrum gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari, di samping banyaknya manfaat yang dirasakan, gelombang elektromagnetik juga memiliki dampak negatif yang berdampak pada penggunanya, untuk lebih memahaminya lebih lanjut silahkan baca materi Manfaat dan Bahaya Spektrum Gelombang Elektromagnetik.

Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik

Biot Savart menyatakan bahwa muatan listrik yang bergerak akan menimbulkan medan magnet. Muatan-muatan listrik mengalami isolasi sehingga laju perubahan medan listrik tidak tetap. Perubahan ini menimbulkan perubahan medan magnet yang tidak tetap juga. Peristiwa timbulnya medan listrik dan medan magnet secara berkala dan menjalar ke segala arah disebut dengan gelombang elektromagnetik.
Pada tahun 1864, James Clerk Maxwell mengemukakan hipotesis bahwa muatan listrik yang dipercepat akan menimbulkan medan listrik dan medan magnet yang menjalar bersamaan dan mampu merambat melalui ruang hampa. Maxwell menyebut sesuatu yang merambat itu sebagai gelombang elektromagnetik. Selanjutnya, pada tahun 1888, Heinrich Hertz membuktikan hipotesis awal Maxwell mengenai keberadaan gelombang elektromagnetik tersebut.
Gelombang elektromagnetik merupakan radiasi (pancaran) dari percepatan muatan listrik dalam medan listrik dan medan magnet. Bagaimana gelombang elektromagnetik dihasilkan? Salah satu alat yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik adalah antena. Sebagai contoh gelombang radio dapat dihasilkan menggunakan antena yang tersusun dari dua konduktor lurus yang dihubungkan dengan sumber tegangan AC.
Antena tersebut dinamakan antena osilasi dipol listrik. Antena ini menghasilkan muatan yang berubah-ubah dengan frekuensi tertentu sehingga muatan pada ujung yang satu berlawanan dengan ujung yang lain. Perbedaan besar muatan pada kedua ujung akan menghasilkan medan listrik E yang berubah-ubah. Menurut Maxwell, medan listrik yang berubah-ubah akan menimbulkan medan magnetik B. Akibatnya, medan listrik dan medan magnet arahnya tegak lurus serta berubah terhadap waktu secara sinusoidal.
Sebelum membahas lebih jauh tentang gelombang elektromagnetik, kalian perlu mengetahui sifat-sifatnya terlebih dahulu.

Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik Sebagai Berikut:

  1. Perubahan medan magnet dan medan listrik terjadi pada saat yang sama sehingga kedua medan memiliki harga maksimum dan minimum pada saat yang sama dan pada tempat yang sama.
  2. Penjalaran medan magnetik tegak lurus dengan arah rambat gelombang sehingga merupakan gelombang transversal.
  3. Mengalami peristiwa pemantulan, pembiasan, interferensi, difraksi, dan polarisasi.
  4. Tidak dipengaruhi oleh medan listrik dan magnet karena tidak memiliki muatan.
  5. Dalam ruang hampa merambat dengan kelajuan 3 x 10^8 m/s. Kecepatannya akan berubah jika merambat pada medium yang memiliki kerapatan yang berbeda.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik - Konsep Fisika SMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel