Sikap dan Perilaku Wirausaha

BAB 1 SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHA

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat :
  1. memahami tentang wirausaha dan kewirausahaan
  2. memahami sikap dan perilaku wirausaha
  3. menjelaskan sikap dan perilaku wirausaha
  4. mempresentasikan sikap dan perilaku wirausaha

A. Pendahuluan

Sudah saatnya generasi muda memiliki pola pikir dan cita-cita menjadi seorang wirausaha. Impian menjadi karyawan atau pegawai setelah lulus sekolah jangan sampai dijadikan tujuan satu-satunya. Banyaknya pengangguran di negeri ini utamanya di dominasi oleh lulusan sekolah menengah kejuruan atau SMK. Kenyataan tersebut hendaknya bisa menyadarkan para generasi muda. Para lulusan setiap tahun bertambah, sementara ketersediaan lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan banyaknya pencari kerja.
Kesadaran itu harus dibangun dan dimiliki oleh para generasi muda saat ini. Dengan menjadi seorang wirausaha akan memberikan banyak manfaat bagi kemajuan negeri ini. Peran wirausaha penting dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya dan orang lain di lingkungan sekitar. Demikian juga, ia akan ikut serta membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kemakmuran di negara kita. Bangsa ini membutuhkan generasi-generasi yang terampil, kreatif dan inovatif.

B. Pengertian Wirausaha

Tentunya kita sering mendengar istilah wirausaha atau entrepreneur. Istilah entrepreneur pertama kali diperkenalkan pada awal abad ke 18 oleh seorang ekonom Perancis yang bernama Richard Cantilon. Entrepreneur adalah agent who buys means of producition at certain prices in order to combine them.
Etimologi kata wirausaha adalah berasal dari kata "wira" dan "usaha". "Wira" berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Kata "Wira" juga digunakan dalam kata "perwira". Sedangkan "usaha" berarti "perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan". Jadi, secara etimologis/harfiah, wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang melakukan perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan.
Seorang wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi wirausaha menurut beberapa ahli:
1. Syamsudin Suryana
Wirausaha adalah seseorang yang memiliki karakteristik percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambilan risiko yang wajar, kepemimpinan yang lugas, kreatif menghasilkan inovasi, serta berorientasi pada masa depan.
2. Prawirokusumo
Wirausaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.
3. Joseph Schumpeter
Wirausaha adalah seorang inovator yang melakukan berbagai perubahan di dalam pasar lewat penggabungan beberapa hal atau sesuatu yang baru.
Adapun sesuatu baru tersebut bisa dalam bentuk:
  • Ada produk baru yang dikenalkan
  • Ada metode produksi baru
  • Dibukanya pasar yang baru
  • Diperolehnya sumber pasokan baru dari komponen yang baru
  • Dijalankannya suatu organisasi baru pada sebuah perusahaan.





Sumber:
TIM MGMP PKK. 2019. Modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan Untuk SMK Kelas XI Semester Ganjil. Surabaya.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Sikap dan Perilaku Wirausaha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel